Rabu, 09 November 2011

Sebagai INGATAN atau KESADARAN


Pengalaman biasanya ”hanya” bisa dikomunikasikan secara negatif kepada orang lain. Artinya jika saya pernah merasakan “asin”nya garam dan “manis”nya gula kemudian pengalaman ini saya ceritakan kepada orang lain, biasanya justru yang mudah dipahami orang lain adalah bukan asinnya tapi justru “garam”nya dan bukan manisnya tapi malah “gula”nya. Anda bisa menceritakan tentang struktur kimia dan fisika dari garam dan gula tapi Anda akan kesulitan menceritakan rasa “asin” dan rasa “manis”. Kecuali, Jika Anda berbagi dengan mereka yang pernah mengalami “rasa” asin garam dan manis gula. Anda akan mudah ”mentransfer” pengetahuan kepada orang lain tentang ”garam yang asin” dan ”gula yang manis” tetapi Anda tidak mungkin bisa ”memindahkan” pengalaman itu kepada orang lain. Jadi yang bisa kita ceritakan adalah bukan ”eksistensi” pengalaman namun hanya ”informasi” pengetahuan yang ada dalam pengalaman kita. Segala sesuatu yang dialami secara ”eksistensial” tidak pernah dapat diungkapkan secara totalitas. Anda hanya mampu menunjuknya. Anda bisa menyampaikan kata ”tidak” namun kata ”ya” tidak dapat dikatakan, kata ”ya” harus dialami.

Pengetahuan merupakan ”ingatan masa lalu” tentang apa yang pernah Anda ketahui. Pikiran yang diliputi ”pengetahuan” cenderung tidak rendah diri. Anda dapat menjadi ”open mind” terbuka untuk yang belum diketahui hanya jika Anda merendah. Proses untuk mengetahui adalah ”abadi”, sehingga orang ”tidak dapat” sampai pada titik dimana ia dapat mengatakan ”saya telah sampai”. Bila seseorang mengatakan demikian, berarti ia telah jatuh dalam pola ingatan pengetahuan. Hidup selalu dari yang belum diketahui ke yang belum diketahui. Dari misteri yang satu ke misteri yang lainnya. Jadi untuk saya, seseorang yang religius adalah yang mengerti hakikat ” ekstase” ketidaktahuan dan menerima hakikat ”ketentraman” dari misteri hidup.

Apa yang saya ceritakan menjadi suatu bagian dari “ku” (ingatan) Anda. Namun perhatian saya bukan pada “ku” Anda. Karena bila “ku” Anda masuk, komunikasi tidak menjadi komuni. Ia hanya sekedar “monolog” bukan “dialog”. Tulisan ini saya racik untuk membawa “aku” (kesadaran) Anda bisa melampau “ku” Anda. Dan hanya dengan itu, pikiran Anda bisa “terbuka” dengan sesuatu yang belum diketahui.

Bila Anda membaca tulisan ini dan sesuatu ”tersadar” dalam hidup Anda, maka pengalaman akan terjadi pada Anda dan Anda akan merasakan sesuatu. Saya tidak berusaha meyakinkan Anda. Keyakinan intelektual sama sekali bukan keyakinan, ia hanya merupakan ”persepsi”. Jika Anda menerima ”sesuatu” yang benar dari apa yang ada pada tulisan ini, hakikatnya adalah Anda telah menemukan kebenaran itu dari pengalaman Anda sendiri. Inilah yang disebut dengan ”resonansi” Atau dalam fenomena lain, pengalaman bisa terjadi pada Anda saat membaca tulisan ini. Ini yang disebut dengan ”telepatik” pikiran. Anda bisa menangkap pesan-pesan yang tidak tertulis pada tulisan ini atau Anda bisa mendengar kata-kata yang tidak terucap. wasakhkhara lakum maa fii alssamaawaati wamaa fii al-ardhi jamii'an minhu inna fii dzaalika laaayaatin liqawmin yatafakkaruuna.

Written by Mukhlisin Heru Prasetyo@PHARMACY of the SOUL
Photography by I Ketut Manik

1 komentar:

  1. Mantap..hanya yg merasa manis sahaja tahu manis...mmg ssusah nak terang jika x rasa..itu yang jadi susah nak transfer kan ilmu..kalau boleh copy paste mudah..tuan ada ilmu mcm mana nk transfer ilmu directly x?..boleh sy transfer kan energy cinta saya kepada semua bekas2 kekasih saya bahawa mencintai nya..kadang2 sy hairan apa ilmu nabi sulaiman boleh ada isteri smpi 100org..tinggi ilmu nabi sulaiman ni..spiritualist yg awesome la..apa erkyang ilmunya..mesti ada ni..Bagaimana dia boleh menguasai dunia manusia,jin dan binatang..bukan berbilang bangsa sudah tetapi siap jin, binatang dan angin lagi...hebat bukan.ermmm..tp kalau zaman sekarang boleh ker kawen 100 org?huhu..sy ni suka sgt perempuan ni..pencinta wanita..sehingga difitnah lah macam macam..tapi saya dah mula redha..kebenaran pasti menang..sebab tu sy nak cari spiritualist yg boleh melihat kisah silam hidup seseorang serta mempunyai mcm2 jenis kelebihan lagi..mereka saja lah yg tahu kisah yg sebenarnya dan kelemahan saya yg harus dibaiki..kelebihan tu saya xde lagi..mungkin selepas dibimbing mereka sy akan mengetahui nya..dan apa tugas saya di hantar ker bumi ni?...sy rasa sy sgt berbeza sekali pemikiran tentang kehidupan dgn org awam..mohon bantuan..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...