Rabu, 16 November 2011

MENDENGAR yang TAK TERUCAP



Saya dapat berbicara tentang sesuatu, namun saya tidak dapat memberikannya kepada Anda. Saya tidak dapat memberikan Anda pengertian saya. Anda harus menemukannya. Sesuatu dapat saja dimengerti, akan tetapi pengertian yang datang melalui orang lain tidak akan lebih dari intelektual saja. Akan tetapi pengertian intelektual, bisa saja cukup. Bila intuisi Anda memahami “keheningan” dari apa yang tidak saya katakan maupun yang tidak dapat saya katakan. Bila Anda benar-benar dapat mengerti, maka apa yang tidak saya katakan dapat Anda rasakan. Bila hanya kata-kata yang dimengerti, itu adalah komunikasi. Namun jika Anda memahami keheningan dari apa yang saya ucapkan, hal itu adalah perasaan yang menyatu.
Anda bisa saja “memikirkan” apa yang saya ungkapkan, namun keheningan hanya akan dijumpai saat “menjalani” kehidupan. Ini bukan sekedar “sensifitas” namun sebuah proses pertumbuhan. Anda dapat mengatakan sesuatu tentang kehidupan yang Anda saat ini, namun suatu saat Anda akan mulai bisa mendengarkan apa yang tak terucap,  mengetahui apa yang tak terlihat dann merasakan apa yang tak terungkap dari apa yang Anda jalani.  

Seri PHARMACY of the SOUL
Written by mukhlis@HC-AMC channel
Photograpy by Eli Supriyatno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...