Jumat, 02 Desember 2011

Anda MELAMPAUI yang Anda PIKIRKAN




Kita demikian takutnya pada kehampaan dan keheningan, demikian takutnya menjadi kosong (zero mind), sehingga kita melengket pada timbunan yang datang dari luar. Orang harus berani untuk melepas keterikatan pada timbunan itu dan tetap berada pada kehampaan. Bila Anda tidak cukup berani, Anda akan keluar dan lengket pada sesuatu serta dipenuhi olehnya. Akan tetapi saat pikiran  berada dalam kehampaan dan keheningan, itulah yang disebut pikiran meditatif. Bila Anda dapat tetap dalam momentum ini, lambat laun seluruh keberadaan Anda secara otomatis masuk kedalam. Bila tidak ada sesuatu dari luar yang menjadi ikatan, maka untuk pertama kalinya Anda mengetahui bahwa Anda adalah sesuatu yang "melampaui" segalanya yang Anda pikirkan tentang diri Anda.
Ada 7 hal yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kondisi zero mind yaitu :
  1. Zero Mind Pertama
    Prasangka Negatif
    : Hindari selalu berprasangka buruk, upayakan berprasangka baik kepada orang lain.
  2. Zero Mind Kedua
    Prinsip Hidup
    : "Perumpamaan orang yang mengambil selain Allah sebagai pelindung adalah seperti laba-laba yang membuat rumah untuk dirinya sendiri. Tetapi sebenarnya rumah laba-laba itu adalah serapuh-rapuhnya rumah, jika mereka tahu" (QS,Al'Ankabuut (laba-laba) 29:41). Jadi berprinsiplah kepada Allah Yang Maha Abadi.
  3. Zero Mind Ketiga
    Pengaruh Pengalaman
    : Bebaskan diri dari pengaruh pengalaman-pengalaman yang membelenggu pikiran, berpikirlah merdeka.
    "Sama sekali bukan! Tetapi hati mereka telah dikuasai oleh apa yang mereka lakukan" (QS 83 Surat Al-Muthaffifin ayat 14). Jadi, jangan sampai anda dikendalikan oleh aktivitas anda, oleh apa yang anda lakukan.
  4. Zero Mind Keempat
    Pengaruh kepentingan dan Prioritas
    : Dengarlah suara hati, peganglah prinsip "Karena allah'. Berpikirlah melingkar sebelum menentukan kepentingan dan prioritas (99 thinking Hats) asmaul husna. Kepentingan tidak sama dengan Prioritas, kepentingan cenderung bersifat mikro (diri sendri), sedangkan Prioritas bersifat makro (universe) yaitu mengarahkan kita untuk melaksanakan hal yang tepat.
  5. Zero Mind Kelima
    Pengaruh Ssudut Pandang
    : "Dan tidaklah aku melepaskan diri dari kesalahan sungguh, nafsu manusia menyruh melakukan kejahatan, kecuali yang diberikan rahmant oleh Tuhanku. Sungguh Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS 12 Surat Yusuf ayat 53).
    Lihatlah semua sudut pandang secara bijaksana berdasarkan semua suara hati yang bersumber dari Asmaul Husna (99 Thingking Hat).
  6. Zero Mind Keenam
    Pengaruh Pembanding
    : Periksalah pikiran anda terlebih dahulu sebelum menilai segala sesuatu, jangan melihat sesuatu karena pikirn anda, tetapi lihatlah sesuatu apa adanya.
  7. Zero Mind Ketujuh
    Pengaruh Literatur : Ingatlah bahwa segala sumber ilmu pengetahuan adalah bersumber dari Allah s.w.t.
    "Ialah yang menciptakan pendengaran, penglihatan dan hati bagimu tetapi sedikit saja kamu bersyukur." (QS 23 Surat Al-Mu'minin ayat 78).Jadi janganlah terbelenggu oleh literatur-literatur, berpikirlah dengan merdeka, jadilah orang yang berhati "ummi".
         Seri PHARMACY of the SOUL
         editing : mukhlis@HC AMC channel
         photografi : Eli Supriyatno





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...